Seluruh Desa Harus Lepas dari BAB Sembarangan, Baru Tujuh Desa Mendeklarasikan ODF



illustrasi

KUNINGAN, (KC Online).-

Belum seluruh desa di Kabupaten Kuningan lepas dari perilaku buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Karena itu pemerintah daerah setempat menargetkan maksimal pada 2019, sudah tidak ada lagi warga di seluruh desa yang melakukan tindakan kurang terpuji dan berdampak buruk terhadap kesehatan tersebut.

“Saya ingin di 2019 sudah tidak ada lagi warga di seluruh desa di Kabupaten Kuningan yang melakukan buang air besar sembarangan, karena tindakan tersebut kurang baik terhadap kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan masyarakat setempat,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Jumat (24/11/2017).

Menurut data, sampai November 2017 ini baru ada tujuh desa yang telah mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (ODF), termasuk Desa Windusari, Kecamatan Nusaherang. Padahal di Kabupaten Kuningan terdapat 376 desa/kelurahan. Itu berarti masih banyak desa yang warganya belum terlepas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Dikemukakannya, untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, perlu adanya peran serta dari berbagai pihak.

Di antaranya, camat yang tersebar di 32 kecamatan, kepala pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), para kepala desa dan seluruh stakeholder terkait lainnya, untuk bersama-sama menyosialisasikan sekaligus mengajak warga membudayakan kebiasaan hidup bersih dan sehat, termasuk tidak buang air besar di sembarang tempat seperti kebun, pekarangan, dekat sungai, mata air dan sebagainya.

“Deklarasi ODF, merupakan gerakannya nyata yang sangat relevan dengan program Kuningan sebagai Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Windusari, Koniman, mengatakan, deklarasi ODF di desanya merupakan momen penting bagi masyarakat agar mencintai kebersihan, dengan tidak melakukan BAB sembarangan. Sehingga ke depan dapat terwujud desa yang bersih dan sehat.(Yan/KC Online)

Sumber : KabarCirebon

sumber : portalcirebon.com