Red Is Beureum

Beureum is Red

5 Macam Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba

loading...

5 Macam Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba.

CakapCakap – Musim hujan tiba, waktunya bagi Cakap People untuk lebih waspada terkait dengan ragam penyakit biasanya muncul pada musim ini. Penyakit di musim hujan sendiri memang cukup beragam dan tentunya bisa kamu siasati dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh agar lebih kebal terhadap penyakit.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering muncul saat musim hujan dan sebaiknya kamu waspadai datangnya.

Malaria serta demam berdarah

Ilustrasi nyamuk saat menggigit tubuh manusia via 1health.id

Adalah malaria dan juga demam berdarah yang identik dengan musim hujan. Hujan membuat beberapa lokasi tergenang air hingga mempercepat perkembangan dari nyamuk. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan menjaga kebersihan di area sekitar. Sebagai contoh adalah bak mandi atau bahkan selokan.

Hepatitis A

Ilustrasi hasil lab hepatitis A via kompas,com

Ada juga penyakit lainnya yakni hepatitis A yang bisa terjadi saat kamu mengonsumsi makanan ataupun air yang telah terkontaminasi. Hal ini akan membuat kesehatan hati terpengaruh hingga bisa juga menjadi suatu penyakit. Beberapa gejala yang umum dirasakan oleh penderita hepatitis A antara lain adalah muntah, demam dan juga ruam. Lakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dan juga melakukan sanitasi.

Flu dan demam

Ilustrasi demam dan flu via fimela.com

Penyakit yang satu ini cukup sering ditemui saat musim penghujan datang. Apalagi, keberadaan bakteri ataupun virus juga akan lebih meningkat pada saat musim hujan karena adanya fluktuasi suhu drastis yang terjadi. Konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ahar tubuhmu menjadi lebih terlindungi. Kamu tentu tak mau flu mengganggu aktivitasmu sehari-hari bukan?

Tifus

Ilustrasi demam akibat thypus via eventkampus.com

Penyakit lainnya adalah tifus yang bisa disebabkan oleh air serta makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut telah terkontaminasi dengan infeksi bakteri Salmonella Typhi. Jaga selalu kebersihan dan juga sanitasi untuk menghindari penyakit tifus.

Kolera

Ilustrasi bakteri kolera via doktersehat.com

Ada juga kolera yang dapat ditularkan melalui air dan disebabkan oleh jenis bakteri Vibrio Cholera. Mereka yang mengalami penyakit satu ini biasanya akan mengalami gejala berupa dehidrasi parah hingga diare.

Nggak mau sakit saat tugas kuliah atau kantor menumpuk bukan? Selalu jaga kesehatan ya, Cakap People!

The post 5 Macam Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba appeared first on CakapCakap.