5 Risiko Ini Akan Terjadi Saat Kelebihan Asupan Vitamin C

0
4
views

5 Risiko Ini Akan Terjadi Saat Kelebihan Asupan Vitamin C.

CakapCakap – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang baik serta dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Namun, dengan catatan Cakap People mengonsumsi dengan dosis tak berlebihan. Karena apapun itu jika berlebihan memang tidaklah baik dampaknya ya.

loading...

Lantas, apa yang bakal terjadi jika kamu mengonsumsi vitamin C secara berlebihan? Sebaiknya simak ulasannya secara lebih lengkap berikut.

Bisa memicu datangnya batu ginjal

Ilustrasi ginjal via liputan6.com

Resiko kelebihan vitamin C yang pertama adalah datangnya batu ginjal. Vitamin C yang berlebih akan diekskresikan ke dalam bentuk oksalat yang kemudian dikeluarkan bersama dengan urine. Namun pada beberapa kondisi tertentu, oksalat bisa terikat dengan mineral dan membentuk kristal yang berujung pada munculnya batu ginjal.

Ilmuwan juga menemukan jika risiko gagal ginjal bisa terjadi pada mereka yang mengonsumsi vitamin C lebih dari 2.000 mg. Meski jarang terjadi pada orang sehat, namun sebaiknya tetap perhatikan apa yang kamu konsumsi supaya tak terjadi kasus kelebihan ini.

Gangguan pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan via hellosehat.com

Kebanyakan mengonsumsi vitamin C juga bisa berisiko pada gangguan pencernaan seperti halnya mual serta diare. Overdosis vitamin ini juga bisa menyebabkan penyakit asam lambung. Namun, hipotesis yang satu ini memang belum dibuktikan sepenuhnya oleh para ahli.

Menyebabkan zat besi terlalu tinggi

Ilustrasi buah bervitamin C tinggi via nova.grid.id

Vitamin C memiliki fungsi dalam membantu terjadinya penyerapan zat besi non-heme. Mereka yang berisiko mengalami penumpukan zat besi di dalam tubuhnya sebaiknya menghindari jenis vitamin yang satu ini. Kelebihan zat besi sendiri bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ hati, pankreas hingga sistem saraf pusat.

Tidak seimbangnya nutrisi di dalam tubuh

Ilustrasi menu makanan seimbang via ibupedia.com

Kamu juga harus tahu jika kelebihan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya penghambatan pada jenis nutrisi tertentu. Kondisi ini juga berisiko mengurangi metabolisme dari vitamin B12 dan juga mineral tembaga.

Meningkatkan risiko osteofit

Ilustrasi masalah osteofit via bukumedis.com

Osteofit sendiri merupakan penonjolan tulang yang bisa muncul di bagian tepi dan biasanya di bagian pertemuan antar tulang ataupun sendi. Kondisi yang satu ini bisa menimbulkan rasa nyeri serta susah gerak di bagian sendi.

Bukan hanya vitamin C, konsumsi apapun itu sebaiknya tak dilakukan secara berlebihan ya, Cakap People! Pasalnya ini bisa menyebabkan suatu kondisi yang berakibat pada gangguan kesehatan.

The post 5 Risiko Ini Akan Terjadi Saat Kelebihan Asupan Vitamin C appeared first on CakapCakap.