Apple Ingatkan Pengembang Supaya Segera Beralih ke watchOS 6 SDK

0
2
views

Apple Ingatkan Pengembang Supaya Segera Beralih ke watchOS 6 SDK.

[Ilsutrasi Oleh Pixabay]

loading...

Seiring dengan pendistribusian watchOS 6 ke seluruh perangkat di segala penjuru dunia, Apple mewanti-wanti supaya pengembang dalam ekosistem perangkat yang bisa dikenakan tersebut mempersiapkan aplikasinya ke SDK (Software Development Kit) yang paling baru.

Hal ini dikarenakan setiap aplikasi watchOS baru yang diluncurkan setelah bulan Maret 2020, perlu dibangun menggunakan watchOS 6 SDK dan harus mendukung Apple Watch 4 Series atau yang lebih baru.

Sebenarnya meski Apple tidak memberikan peringatan ini, menurut saya pribadi, pengembang seharusnya sudah bergeser ke watchOS 6 dengan senang hati, apabila mereka melihat fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kenapa bisa begitu? Berikut ini alasannya.

Untuk pertama kalinya, Apple mengizinkan para pengembang untuk membuat aplikasi yang sepenuhnya bisa berjalan sendiri di ekosistem Apple Watch. Melalui watchOS 6, pengembang tidak perlu lagi melengkapi aplikasi jam tangannya dengan aplikasi pendamping yang berjalan di sisi ponsel.

Atau jika disederhanakan, pengembangan aplikasi bisa berjalan lebih cepat, karena pengembang tidak memerlukan upaya tambahan lagi selain mengembangkan aplikasi untuk ekosistem perangkat yang bisa dikenakan tersebut.

Namun dalam hal ini, Apple tetap menawarkan dua alternatif  untuk pengembangan aplikasi watchOS di masa depan. Pengembang bisa memilih untuk mengembangkan aplikasi watchOS saja atau aplikasi watchOS dengan aplikasi pendamping di ponsel pintar.

Tentu saja, opsi pertama bisa dipilih oleh pengembang yang hanya perlu memberikan pengalaman lewat Apple Watch saja, sementara opsi kedua untuk pengembang yang ingin meningkatkan aplikasi Apple Watch dengan aplikasi berbasis telepon.

Selain keuntungan ini, para pengembang juga bisa mengoptimalkan kemampuan aplikasinya untuk jam tangan pintar Apple yang paling baru, dengan menggunakan berbagai macam alat pengembangan yang ada di SDK baru ini.

Seperti misalnya, pengembang bisa menggunakan SwiftUI dan API baru, memperoleh akses ke Core ML dan Neural Engine di Apple Watch Series 4 ke atas, serta menambahkan fitur dukungan streaming audio untuk aplikasi musik.

Pengembang yang berminat untuk mencoba berbagai macam hal ini, sudah bisa mengunduh watchOS 6 SDK dan versi betanya melalui halaman https://developer.apple.com/download/.

 

[Sumber: ProgrammableWeb]

The post Apple Ingatkan Pengembang Supaya Segera Beralih ke watchOS 6 SDK appeared first on TeknoJurnal.