Azmy Aktif Lestarikan Tari dan Kawih Sunda Meskipun Masih Belia

4 weeks ago ujang Comments Off on Azmy Aktif Lestarikan Tari dan Kawih Sunda Meskipun Masih Belia

Berita : Azmy Aktif Lestarikan Tari dan Kawih Sunda Meskipun Masih Belia.

loading dulu...

DI era milenial ini sulit rasanya menemukan anak muda yang tertarik kebudayaan Sunda. Bahkan ada yang tinggal di tanah Sunda namun enggan berbicara Bahasa Sunda bahkan tidak tertarik sama sekali dengan kebudayaan Sunda.

Namun tidak demikian dengan gadis cantik yang multitalenta ini, Azmy Zaidan Nabila. Perempuan berusia 19 tahun ini justru eksis melestarikan budaya Sunda khusnya di media sosial.

“Sejak SD Azmy sudah menyukai jaipong lalu pas SMA mulai terjun ke menyanyi kawih. Padahal di rumah nggak ada yang terjun ke dunia seni Sunda, nggak tahu kenapa suka saja,” ujar Azmy kepada Tribun, Jumat (30/10).

Penyanyi kelahiran Bandung, 18 Juli 2001 sejak kelas 3 SD meminta izin kepada ibunya untuk latihan jaipongan. Melihat ada ketertarikan anaknya di dunia tari tradisional, ibunda Azmy pun memasukkannya ke sanggar tari.

“Ya awalnya sih pasti sakit badan dan jangan bilang nggak ada bakat karena menari ini bisa dipelajari dan memang prosesnya nggak instan. Sampai sekarang Azmy masih suka nari kok,” kata mahasiswi ilmu komunikasi salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung ini.

Influencer asal Jawa Barat, Azmy Zaidan Nabila yang lestarikan budaya Sunda
Influencer asal Jawa Barat, Azmy Zaidan Nabila yang lestarikan budaya Sunda (Istimewa)

Kepiawaian Azmy menari jaipong juga dibagikannya melalui media sosialnya. Jemantik jarinya yang lentik dan tubuhnya yang bergoyang menunjukan bahwa nilai seni dari tarian jaipong ini memang harus diapresiasi dan dilestarikan.

Beragam komentar positif pun Azmy dapatkan terutama banyak yang senang melihat kelihaian Azmy dalam menari jaipong. Tidak hanya pandai menari jaipong, Azmy juga pandai ngawih atau menyanyi tradisional Sunda.

Rasa cinta dan ingin belajar soal kawih pun didapatkan Azmy saat ia diminta gurunya untuk ikut lomba ngawih se-kota Cimahi.

“Disuruh lomba sama guru (Bahasa) Sunda, karena tahu Azmy bisa Jaipong. Ya sudah Azmy coba dan dapat juara pertama. Proses belajarnya otodidak sama guru,” ujar alumni SMAN 3 Cimahi ini.

Meskipun sama sekali tidak memiliki basic menyanyi kawih, ia tidak memiliki masalah ketika belajar kawih Sunda. Ini karena lagu-lagu kawih ini sudah tidak asing di telinga karena saat menari jaipong, lagu yang digunakan hampir sama.

Azmy Z, Mojang Bandung Serba Bisa Itu Kini Hidupkan Kembali Pop Rock Melayu
Azmy Z, Mojang Bandung Serba Bisa Itu Kini Hidupkan Kembali Pop Rock Melayu (istimewa)

“Azmy juga sempat les menyanyi tapi emang khusus lagu pop saja. Ketika menyanyi lagu khas Sunda tentu jauh lebih sulit,” ucap gadis asal Cipatat, Kabupaten Bandung Barat ini.

Namun sejak kemenangan perlombaan kawih ini, Azmy justru semakin termotivasi untuk terus melestarikan kebudayaan Sunda lewat lagu dan tari.

Menurut Azmy sebagian warganet banyak yang menganggap ia serba bisa dalam seni kebudayaan Sunda. Padahal semua hal yang ia lakukan itu melalui proses yang tidak instan. (putri puspita)

=====selengkapnya baca di Tribun Jabar, edisi Minggu (1/11/2020)=====

loading...