Cara Merawat Motor Yang Benar Agar Awet

0
4
views

Cara Merawat Motor Yang Benar Agar Awet.

Cara Merawat Motor Yang Benar – Cara merawat motor yang benar merupakan hal yang wajib diketahui oleh siapa saja yang memiliki kendaraan. Terutama motor atau sepeda motor, kita akan bahas bagaimana cara merawat motor yang benar. Dengan berbagai keadaan motor tentunya akan membuat bingung.

loading...

Karena mayoritas masyarakat indonesia menggunakan sepeda motor kali kita bahas tentang sepeda motor ya, seperti judul kita akan bahas. Cara merawat motor yang benar agar awet untuk dipakai sehari hari maupun untuk kebutuhan lain seperti hobi dan lainnya.

Kita akan bahas secara lengkap bagaimana merawat motor yang benar. Karena banyaknya jenis motor maka kita akan bahas satu per satu sampai tuntas yuk simak. Ada pepatah Sedia payung sebelum hujan nah kita harus rawat daripada rusak.

Cara Merawat Motor Yang Benar

Merawat Merupakan suatu Kegiatan yang dilakukan dengan bertujuan, merawat atau mengurus atau menjaga bertujuan agar apa yang kita rawat dapat bekerja dengan benar. Merawat ditujukan bisa untuk barang mati maupun hidup, yang akan kita bahas sekarang ialah merawat motor dengan benar dan baik.

Cara merawat motor matic

Pertama kita akan membahas cara merawat motor matic dengan benar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat motor. Tentunya ini akan membuat motor kita lebih awet ketika digunakan.

1. Rutin Memanaskan Motor

Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat motor dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang benar adalah panaskan motor selama kurang lebih 5 menit sampai dengan 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater (starter pedal) saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong hal paling penting, untuk itu sebagai perawatan lakukan sesuai dengan jadwal untuk pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor atau (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai jarak tempuh 5000 km. Apabila acuan kilometer untuk ganti oli lupa sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang anda miliki.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Dalam cara merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi dilakukan dilapangan adalah motor matic sampai kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti ketika dijalan karena bensin habis karena dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

4. Check Kondisi Vanbelt dan Roler

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi. Sudah menjadi keharusan untuk saatnya mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang benar asli atau original sehingga membuat motor matic lebih terjamin bertahan sudah pasti lebih awet.

5. Perawatan AKI

Selanjutnya dalam cara merawat motor matic yaitu tak mudahnya untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic. Sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami Mati AKI. Jika hal demikian terjadi, tentu anda akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupakan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Karena itu, sangat disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam kurun waktu 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Stabilkan Kecepatan Gas

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh pengguna motor matic, yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

7. Ganti Oli Shockbreaker

Oli juga memang tak hanya terdapat pada mesin motor saja, namun oli juga terdapat pada bagian shockbreaker. Jadi sangat perlu, karena adanya pergantian dengan tujuan tak lain agar kondisi shock motor tetap berfungsi secara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000 KM.

8. Servis Rutin di Bengkel Resmi

Selanjutnya perawatan atau servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan bagian karburator dan seting motor. disarankan service pada bengkel resmi untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original. Lakukan servis matic anda secara berkala kurang lebih 1 kali dalam 1 bulan untuk menjaga performance motor matic anda.

9. Gunakan Bensin Berkualitas

Cara Merawat Motor Matic yang terakhir susah-susah gampang. Sebab, tak jarang ada saja orang orang yang sengaja menjual bensin campuran. oleh karenanya kita perlu untuk sangat berhati- hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Akan tetapi, biasanya pasca penggunaan selama lima tahun, peforma mesin dan komponen lain biasanya akan menurun, selain itu akan sangat tepat jika anda meng-upgrade alias mengganti sepeda motor dengan yang baru tentunya. Sebab jika tidak, motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya terus menurun.

Cara Merawat Motor Bebek

Selain Motor Matic yang banyak di indonesia, Motor bebek juga sangatlah banyak digunakan dan diminati oleh orang indonesia. Nah selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara merawat motor bebek.

1. Lakukan Servis Berkala

Cara Merawat Motor yang benar yang pertama adalah lakukan servis berkala di stand-stand motor yang anda miliki, gunkan jadwal yang terprogram untuk melakukan servis berkala, dalam melakukan servis berkala usahakan 3 bulan sekali jangan sampai menunggu motor rewel baru melakukan servis motor, dalam servis berkala ini pastikan kluhan motor anda dan jangan lupa juga bahwa servis berkala itu terdiri dari pengecekan mesin, rem sampai dengan pergantian oli yang biasanya tiap 3 bulan kita ganti.

2. Panaskan Motor

Cara Merawat Motor yang benar yang Kedua yakni panaskan dahulu motor sebelum digunakan, usahakan hal ini menjadi sebuah kebiasaan, panaskan motor lebih dari 10 menit supaya oli dalam mesin naik dan melumasi semua bagian dalam mesin, hal ini tentunya akan sangat mengurangi gesekan-gesekan kasar dalam mesin, jangan lupa juga mainkan gas saat melakukan tips kedua ini. perawatan seperti ini merupakan hal wajib untuk merawat kondisi mesin supaya tetap prima terlebih untuk anda yang menggunakan motor untuk rutinitas dan menempuh jarak jauh.

3. Ganti Oli Dan Aki

Cara Merawat Motor yang benar yang berikutnya adalah ganti oli usahakan anda mengingat ingat kapan saja waktu yang tepat untuk mengganti oli, maksimal mengganti oli itu 3 bulan sekali atau malah bisa kurang anda pastinya bisa merasakan sendiri apabila motor sudah mulai berat dalam tarikan gas, mungkin itu pertanda saatnya anda ganti oli, selanjutnya adalah masalah Aki motor meskipun pada sebagian besar motor bebek menggunakan elektrik starter dan kick starter namun yang akan menjadi masalah adalah apabila motor ini digunakan oleh istri atau kerabat perempuan dan akinya mati pasti akan sangat merepotkan.

4. Rem Cakram

Cara Merawat Motor yang benar yang keempat adalah perawatan rem cakram, pada umumnya rem motor bebek pada bagian depan menggunakan rem cakram dan rem belakang menggunakan rem tromol, seperti yang kita ketahui rem cakram memang terbukti lebih baik dalam hal pengereman dibandingkan rem tromol, namun hal ini akan sangat fatal apabila terjadi gancet pada umumnya hal ini terjadi apabila oli rem kotor atau bahkan habisnya kampas rem yang biasanya di tandai pada bekas pada piringan cakram. periksa juga kabel pada rem siapa tahu sudah ada yang terkelupas itu menandakan waktunya diganti.

5. Busi Motor

Cara Merawat Motor yang benar yang berikutnya adalah pada busi alias pengapian, sebagai saran saja sebaiknya anda membawa cadangan busi baru, hal ini diperlukan terlebih untuk motor dengan umur 2 tahun keatas pastinya kondisi busi sudah tak seprima seperti yang dulu, akan sangat merepotkan pastinya jika dalam perjalanan jauh motor anda ngandat dan gas yang menjadi tidak stabil karena busi yang mati, perlu diketahui kelistrikan dalam motor juga sangat berpengaruh oleh performa busi motor anda.

6. Ban Motor

Cara Merawat Motor yang benar yang terahir yakni kondisi angin yang ada pada ban, setidaknya jika anda memiliki alat ukur tekanan udara maka ukuran yang pas adalah sekitar 26 psi, untuk motor yang sering melakukan perjalanan jarak jauh pastikan juga anda kami sarankan untuk mengganti ban standarnya dengan ban tublless, ban tublles memiliki performa yang jauh lebih baik dan termasuk anti kempis, serta jangan berani-berani menggendarai sepeda motor yang kondisi ban nya sudah halus pada saat hujan.

Apapun merek motor bebek yang anda gunakan pastinya perawatan diatas sangatlah penting, selain itu pastikan juga tempat servis yang anda kunjungi merupakan merchant resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan motor yang anda gunakan, jangan malu untuk bertanya saat motor sudah selesai di servis, hal yang perlu di tanyakan adalah seperti kondisi Gerigi, Rantai, Rem Dan tentunya kelistrikan dari motor anda, untuk performa rantai baiknya anda gunakan pelumas rantai khusus untuk menjaga kekuatan rantai.

Cara Merawat Motor Klasik dan Antik

Selanjutnya dalam cara merawat motor yang benar yaitu cara merawat motor antik, klasik atau motor tua agar awet dan nyaman untuk dipakai. yuk simak cara merawat motor yang benar dan baik.

1. Melakukan Service Secara Berkala

Pertama adalah melakukaan service dengan secara berkala. Tidak akan jauh berbeda dengan sepeda motor umumnya, perawatan yang bisa anda lakukan pada motor tua anda adalah dengan melakukan service yang secara berkala. Hal ini ditujukan agar anda bisa memantau keadaan atau kondisi motor tua anda secara keseluruhan dengan rutin. Sebagai contohnya seperti halnya pada rem cakram motor atau pun sekring motor melihat kondisinya masih baik atau tidak.

2. Gantilah Dengan Menggunakan Onderdil / spare part yang Baru

Tips yang kedua adalah dengan mengganti onderdil atau spare part yang baru. Maksud mengganti onderdil dalam hal ini adalah apabila dahulu motor anda menggunakan sistem pengapian platina, maka anda bisa menggantinya dengan cdi seperti pada motor yang sekarang ini pada umumnya. Selain itu, anda juga mengganti torak dengan yang baru agar tercipta mesin yang baru juga pada motor tua anda. Atau dengan kata lain, istilahnya motor boleh tua namun onderdil harus tetap “ kece “.

3. Cat Ulang Sesuai Dengan Anda

Tips yang ketiga adalah melakukan perawatan pada bagian bodi atau eksterior motor tua anda. Karena motornya sudah tua, maka tidak akan menutup kemungkinan warnanya juga sudah ikutan tua atau memudar . Nah kita semua, anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan pengecetan ulang pada bodi motor antik anda agar terlihat lebih indah dan terang dari pada cat kusam sebelumnya. Nah, silahkan anda coba ya. cara dalam mengecat body motor agar mengkilap bisa anda lakukan dan perhatikan langkahnya dengan baik – baik, agar hasilnya pun bisa memuaskan anda.

4. Selalu Dalam Keadaan Bersih

Tips yang terakhir dan yang tergolong sangat penting adalah anda harus memastikan kondisi bahwa motor anda dalam keadaan yang bersih. Ketika anda selesai menggunakannya pastikan anda mencucinya agar tidak terjadi karatan pada komponen motor tua anda. Baca juga cara mencuci sepeda motor dengan benar dan tepat.

Kesimpulan

Dalam menjaga dan merawat sepeda motor anda agar bisa dipakai lama atau awet harus dilakukan perawatan. Nah cara merawat motor dengan benar sudah ada diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk merawat sepeda motor hampir sama. Jangan lupa liat tips unik lainnya disini. Terimakasih