Facebook Akan Tutup Perlengkapan Account Kit Pada Bulan Maret 2020

0
3
views

Facebook Akan Tutup Perlengkapan Account Kit Pada Bulan Maret 2020.

[Ilustrasi Oleh Pixabay]

loading...

Facebook rencananya bakal segera mematikan perlengkapan Account Kit buatannya. Mulai bulan Maret 2020 mendatang, perlengkapan tersebut tidak akan tersedia lagi, baik bagi pengembang maupun mitra bisnis Facebook.

Facebook Account Kit merupakan sebuah solusi untuk masuk ke dalam aplikasi, yang diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2016 lalu di konferensi tahunannya, F8. Dengan menggunakan perlengkapan ini, pengembang bisa membuat sistem masuk ke aplikasi yang mudah digunakan.

Alih-alih pengguna perlu memasukkan kata sandi saat akan masuk ke dalam aplikasi, Account Kit akan menggantikannya dengan tautan atau kode verifikasi, yang dikirim melalui email, SMS, atau WhatsApp – sesuai metode yang dipilih.

Sayangnya, meskipun telah membawa kemudahan tersebut, Facebook mengumumkan akan segera mengakhiri ketersediaan dari perlengkapan ini. Oleh karena itu, pengembang atau mitra yang sudah terlanjur menggunakannya harus mulai mempersiapkan sebuah perubahan dalam aplikasinya.

Namun, pengembang tidak perlu terlalu terburu-buru dalam hal ini. Berdasarkan sebuah laporan yang diunggah di halaman blog miliknya, teknisi piranti lunak Facebook, Calvin Mak menyebutkan bahwa penghentian alat tersebut akan terjadi dalam beberapa fase.

Fase pertama sudah dimulai dari tanggal 9 September 2019 kemarin. Dalam fase ini, para pengembang maupun mitranya tidak lagi bisa mengintegrasikan Account Kit saat membuat aplikasi baru. Dalam hal ini, Account Kit untuk aplikasi lama masih tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Selanjutnya, mulai tanggal 9 Desember 2019 mendatang, Facebook akan membatasi penggunaan layanan SMS dalam Account Kit. Pengembang yang menggunakan metode ini, jumlah SMS maksimal yang bisa digunakannya akan dibatasi menjadi 1.000 SMS per ID setiap harinya.

Baru mulai tanggal 9 Maret 2020, Facebook benar-benar akan menghentikan perlengkapan Account Kit. Mulai dari tanggal ini, pengembang maupun mitra tidak bisa lagi menggunakan Account Kit, baik untuk aplikasi lama.

Setelah penghentian ini, pengembang hanya diberi waktu hingga bulan Juni 2020 untuk mengambil data dan informasi aplikasinya dari Facebook. Dalam hal ini, bagi pengembang yang belum tahu cara menarik data dan informasinya dari Facebook, bisa mengunjungi halaman dokumentasi berikut ini.

[Sumber: Facebook]

The post Facebook Akan Tutup Perlengkapan Account Kit Pada Bulan Maret 2020 appeared first on TeknoJurnal.