Red Is Beureum

Beureum is Red

Luar Biasa Indonesia Sumbang Penjualan Terbesar Motor Se-Asia Tenggara!

loading...

Luar Biasa Indonesia Sumbang Penjualan Terbesar Motor Se-Asia Tenggara!.

New Honda Beat Blue
GSXbanner fixcomart

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Indonesia dikenal juga sebagai negara yang memiliki konsumen atau pengguna sepeda motor terbesar di dunia khususnya sih untuk area ASEAN atau Asia Tenggara, tapi berapa sih jumlahnya? Apa benar yang terbanyak di Asia Tenggara? Nah sepanjang tahun 2019 lalu dilaporkan hampir sebanyak 14 juta sepeda motor terjual di kawasan Asia Tenggara. Dan hebatnya, dari angka tersebut, Indonesia menyumbang penjualan hampir setengahnya! Edian juga. Gak heran kalau Indonesia menjadi juaranya. 

tekiro

Motorcycles Data melaporkan, pasar ASEAN mewakili 22,4% penjualan motor global, dan angka itu tidak bisa dibilang kecil, sayangnya tidak disebutkan area mana yang paling tinggi penjualannya di dunia. Pada 2019 lalu, total sebanyak 13,75 juta unit sepeda motor tersebar di kawasan Asia Tenggara. Angka itu naik 5,3% dari tahun sebelumnya.

Melihat wilayah negara serta penduduknya yang besar, Indonesia tampil sebagai negara dengan penjualan sepeda motor terbesar di kawasan Asia Tenggara. Jadi dapat dikatakan seimbang sih ya antara penjualan dengan luasnya negara.

INDONESIA NOMOR SATU

Seperti dikutip dari data ASEAN Automotive Federation, disebutkan bahwa penjualan sepeda motor di Indonesia pada tahun lalu mencapai 6.487.460 unit. Angka itu tumbuh tipis di kisaran 1,6%. Di bawah Indonesia, Vietnam yang menjual sebanyak 3.271.000 unit sepeda motor. Thailand berada di posisi ketiga dengan menjual 1.718.587 unit sepeda motor.

Mio S mesmerize pink

Selanjutnya Filipina yang menjual 1.704.900 unit sepeda motor. Sementara Malaysia penjualan motornya cuma 546.813 unit. Dan Singapura hanya 19.356 unit. Tiga negara lainnya, yakni Myanmar, Laos, dan Kamboja berada di peringkat bawah lagi dengan volume penjualan motor yang minim. Namun, belum ada data penjualan sepeda motor di negara tersebut.

New Honda Beat Blue

Meski belum ada angka pastinya, namun bicara di Asia, sepertinya sih ya Indonesia hanya kalah dari India, sementara Cina meski penduduknya jauh lebih banyak, namun yang KBY ketahui ada pembatasan penggunaan dan penjualan sepeda motor di sana, jadi kemungkinan besar angkanya masih di bawah Indonesia.

BANYAK PABRIKAN RODA DUA INGIN SUKSES DI INDONESIA

Dengan demikian, tidak heran kalau beberapa pabrikan sepeda motor terkemuka di dunia sangat ingin sukses di Indonesia seperti yang sudah dilakoni oleh dua pabrikan raksasa Honda dan Yamaha.

Lantas kenapa Honda Jepang masih mempertahankan Thailand sebagai basis produksi beberapa produk sepeda motor Honda khususnya Moge? Well seperti yang pernah KBY bahas di artikel Mengapa Honda Thailand Basis Produksi Global dan Ekspornya Kuat, lebih karena faktor besaran saham, di Indonesia, Honda Motor Corp hanya memiliki 50% saja, sementara di Thailand dikatakan nyaris 100%, ya biar duitnya masuk ke mereka gede juga gitu hehe.

Agak aneh kalau pabrikan tidak tertarik untuk sukses di Indonesia, karena pasarnya sebenarnya sangat menggiurkan. Tentu hitungan sederhana seperti sekian juta penduduk Indonesia masa pabrikan tidak bisa menjual motor setengahnya – tidak berlaku, karena rumusnya gampang gampang susah, yaitu desain kudu sesuai selera, fitur mumpuni, harga masuk akal dan perbanyak dealer serta tempat servis.

Contoh sahih? Honda dan Yamaha sih yang paling pas..

sumber: P2R

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂