Luar Biasa. Inilah 3 Tokoh Indonesia dengan Penemuannya yang Diakui Dunia


Hai, !

Siapa bilang orang Indonesia tidak bisa bersaing dengan orang luar negeri? Siapa bilang orang Indonesia kalah cerdas dibanding orang luar negeri? Saya punya bukti nih, Guys, 3 putra Indonesia ini hasil karyanya mampu berbicara di dunia internasional.

Mereka diundang berbicara di forum-forum internasional. Karya penemuannya diakui dan dipakai tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga di negara luar. Siapa sajakah mereka?Yuk, kita simak!

Yogi Ahmad Erlangga, Ph.D

Foto: muslimdaily.net

Putra kelahiran Tasikmalaya, 8 Oktober 1974 ini sempat menghebohkan dunia berkat keberhasilannya memecahkan persamaan Helmholtz pada tahun 2005 lalu. Hasil risetnya memberikan kemungkinan dapat dibuatnya profil 3 dimensi dari cadangan minyak bumi.

Tidak hanya para ilmuwan, perusahan- perusahaan perminyakan pun menyambut gembira. Pasalnya, metode baru yang ditemukannya untuk menyelesaikan persamaan Helmholtz membuat perusahaan-perusahaan minyak dapat lebih cepat menemukan sumber minyak di dalam perut bumi. Rumus ini juga bisa diaplikasikan pada industri radar, penerbangan, kapal selam, dan pada teknologi Blu-Ray, yang membuat keping Blu-Ray bisa memuat data dalam jumlah yang jauh lebih besar.

Yogi Ahmad Erlangga merupakan dosen fisika ITB. Beliau berhasil memecahkan persamaan Helmholtz ketika tengah menyelesaikan pendidikan S3-nya di Delft University of Technology, Belanda.

Profesor Dr. Ing. H. BJ Habibie

Foto: jurnalindonesia.co.id

Istilah kecil-kecil cabe rawit memang paling pas disematkan pada beliau. Postur tubuh boleh kecil, tapi bicara tentang kemampuan sungguh berbanding terbalik dengan posturnya.

Yup, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan nama BJ Habibie adalah putra kebanggaan Indonesia, lahir di kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Beliau sempat kuliah di jurusan teknik mesin ITB hingga pada tahun kedua memutuskan untuk keluar dan melanjutkan kuliah S1 sampai S3-nya di Rhein Wesfalen Aachen Tehnische Hochscule, Jerman.

Penemuan beliau yang diakui dunia adalah sebuah rumus yang dapat dipakai untuk menghitung keretakan atau crack progression sampai skala atom material konstruksi pesawat terbang yang kemudian ia namakan ‘faktor habibie’.

Selain itu, beberapa rancangan pesawatnya seperti CN-235, N-350, dan Airbus A-300 juga berhasil mencuri perhatian dunia. Hebat kan?

 Dr. Warsito Purwo Taruno

Foto: forinme.com

Satu lagi ilmuwan Indonesia yang berhasil menghebohkan dunia adalah Dr. Warsito Purwo Taruno. Pria yang lahir di Karanganyar, 15 Mei 1967 ini berhasil menciptakan alat pemindai empat dimensi (4D) berbasis teknologi ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography) pada tahun 2004. Temuannya ini mengungguli kemampuan CT scan dan MRI, membuatnya segera menjadi incaran perusahaan-perusahaan minyak dunia dan NASA.

Sejak Juni 2010, Dr Warsito & tim mengembangkan alat pembasmi kanker otak dan payudara, masih berbasis teknologi ECVT. Ia telah membuktikan keampuhan hasil penemuannya ini kepada kakaknya yang menderita kanker payudara stadium IV serta seorang pemuda usia 21 tahun penderita kanker otak. Dalam beberapa bulan setelah pemakaian, hasil lab menyatakan bahwa kedua orang ini sudah bersih dari sel kanker dan dinyatakan sembuh total.

Meski sudah mendapatkan hasil yang luar biasa, Dr Warsito mengakui bahwa alat yang sudah dipakai pasien di Indonesia, Cina, Amerika Serikat, India, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Eropa itu masih dalam taraf penelitian yang harus dielaborasi lebih jauh.

Bagaimana, Guys, menarik bukan menyimak prestasi 3 putra Indonesia ini? Semoga kita bisa mengikuti jejak prestasi mereka dalam bidang apapun yang sedang kita tekuni sekarang.

 

Posting Luar Biasa. Inilah 3 Tokoh Indonesia dengan Penemuannya yang Diakui Dunia ditampilkan lebih awal di Takaitu.com.

sumber: takaitu

loading...
loading...