Mengenal Gamal Albinsaid, Sosok Dokter yang Mendunia Berkat Timbunan Sampah

Informasi dan Berita Terkini


Holla, !

Guys, apa sih yang ada di benak kalian saat melihat timbunan sampah yang menggunung? Pasti akan muncul anggapan jika sampah adalah barang rongsokan yang harus dienyahkan.

Lain halnya dengan yang dilakukan oleh dokter Gamal Albinsaid. Di tangan pria yang lahir di Malang, 8 September 1989 itu, sampah disulap menjadi alat pembayaran untuk memperoleh fasilitas kesehatan bagi rakyat kecil. Lho, kok bisa?

Mendirikan Klinik Asuransi Sampah

Foto: alhikmah.co

Yaptt, dokter lulusan Universitas Brawijaya Malang ini membuka Klinik Asuransi Sampah, asuransi kesehatan mikro yang berbasis kerakyatan dan semangat gotong royong dengan pembayaran premi menggunakan sampah. Luar biasa! Dengan menyerahkan sampah yang dapat didaur ulang senilai 10 ribu rupiah, warga sudah dapat menikmati layanan kesehatan. Sejak beroperasi tahun 2013 hingga kini memiliki lebih dari 500 anggota. Klinik ini juga dilengkapi dengan berbagai inovasi, di antaranya:

Inovasi Sabuk Pintar untuk Ibu Hamil

Foto: youtube.com

Sabuk untuk ibu hamil yang berguna meningkatkan kecerdasan  bayi mulai masih di dalam kandungan. Berisi lantunan ayat-ayat suci Al-Quran serta musik klasik yang dapat dinikmati oleh  ibu dan calon bayi.

Inovasi Mother Care untuk Layanan Konsultasi Kehamilan

Foto: youtube.com

Program ini menyasar ibu hamil yang hidup di bawah garis kemiskinan untuk memperoleh layanan konsultasi kehamilan.

Dr. Gamal Diapresiasi Dunia Serta Memperoleh Puluhan Penghargaan Bergengsi

Foto: malangkota.go.id

Guys … Indonesia boleh berbangga, kerja keras dari dokter yang low profile ini membuahkan hasil. Sudah tak terhitung penghargaan yang diterima, baik dari dalam maupun luar negeri. Penghargaan diberikan karena dianggap telah berhasil memberikan solusi atas isu sosial, kesehatan dan lingkungan sekaligus. Beberapa di antaranya adalah:

  • HRH The Princes of Wales Young Sustainability Entepreneur 2014
  • Takeda Young Entepreneur  Award 2016
  • People Choice Award dari California University
  •  Japanese Award for Most Innovative Development Project
  • Inspiring Green Award – La Tofi  School of CSR

Presiden Rusia, Vladimir Putin pun berkenan mengundangnya sebagai pembicara dalam acara World Festival Youth and Student ke 19 yang dihadiri oleh perwakilan dari  150 negara. Wow … hebat ya, Guys!

Dokter Gamal Albinsaid Terus Berinovasi

Foto: twitter.com

Memperoleh puluhan penghargaan tak menghentikan kiprah dokter satu putera ini untuk terus berinovasi. Berbagai program bermanfaat telah di-launching, ini dia:

Donor.Homedika.com

Foto: donor.homedika.com

Platform ini memudahkan akses bagi resipen untuk mencari donor darah atau kalian yang ingin menjadi pendonor.

Ayo Tolong.com

Foto: siapapeduli.id

Program ini mengubah bentuk kotak amal menjadi sebuah link. Guys, ini membuka peluang kalian untuk beramal dengan mudah.

Homedika

Foto: youtube.com

Jika kalian atau tetangga sedang sakit tidak perlu keluar untuk memperoleh layanan kesehatan. Tinggal klik, tenaga medis akan meluncur ke tempat kalian.

Jawara

Foto: m.timesindonesia.co.id

Singkatan dari Jaringan Mitra Usaha Sosial Nusantara. Program ini hasil kerjasama dengan Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tiap provinsi akan dipilih satu duta yang akan dibina kewirausahaan yang selanjutnya akan memberikan pelatihan untuk masyarakat.

Rahasia Kesuksesan Dr. Gamal

Foto: youtube.com

Dokter Gamal Albinsaid menuangkan rahasia suksesnya dalam sebuah buku berjudul “Muda Mendunia”. Salah satunya, bekerja mengutamakan keikhlasan dan ridha orang tua. Beliau berpesan, alangkah baiknya menekuni bidang sesuai pleasure, pilih dulu bidang yang kalian senangi maka ikhlas dan sukses akan mengikuti.

Wow! Patutlah jika dokter yang satu ini mendapatkan berbagai label. Seorang inovator, motivator, penulis, sekaligus social entepreneur. Setuju, Guys?

Posting Mengenal Gamal Albinsaid, Sosok Dokter yang Mendunia Berkat Timbunan Sampah ditampilkan lebih awal di Takaitu.com.

sumber: takaitu


loading...

Baca Lagi
close