Mobil Murah Calya Jadi Taksi, Toyota: Enggak Ada Masalah

loading...

Mobil Murah Calya Jadi Taksi, Toyota: Enggak Ada Masalah.

Home » Berita » Mobil Murah Calya Jadi Taksi, Toyota: Enggak Ada Masalah

Toyota New Calya 2019 saat peluncuran. (Foto: Carmudi/Santo)

Denpasar – Setelah meminang Wuling Confero tahun lalu, PT Express Transindo Utama selaku perusahaan taksi Express menambah armada baru dengan membeli Toyota Calya. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia tidak keberatan salah satu produknya digunakan sebagai armada taksi.

“Ya enggak ada masalah sih. Memang sebenarnya permintaan taksi untuk Calya sudah lama ya, jadi bukan baru. Sebenarnya sudah ada permintaan dari beberapa perusahaan taksi dari tahun lalu,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy di Denpasar, Bali beberapa waktu lalu.

Mengenai jumlah unit Toyota Calya yang dipesan, Anton mengaku belum mengetahui angka pastinya.

“Kemarin (September) sih ada beberapa ratus unit yang sudah kami kirim melalui diler kami,” tutur Anton.

“Ke depannya ya kami masih menunggu (data) kira-kira jumlahnya berapa. Kami belum dapat informasi sih totalnya berapa kan tergantung dari bisnisnya juga. Karena kan ini taksi baru ya warnanya baru juga,” sambung Anton.

TAM tidak menentukan target penjualan untuk Toyota Calya yang akan dipergunakan sebagai taksi. Menurut Anton Calya berbeda dengan Toyota Transmover yang memang sengaja dihadirkan untuk keperluan komersial.

“Kami belum dapat angkanya berapa. Per bulan biasanya kami dapat informasi angkanya. Beda dengan Transmover memang khusus (kendaraan komersial) kalau Calya kami enggak punya (varian khusus untuk taksi). Jadi suatu saat mereka (konsumen) bisa saja membeli Calya bukan dijadikan kendaraan pribadi melainkan jadi taksi,” tutur Anton.

Toyota Calya Tipe E

Selain warna khusus, Toyota Calya yang dipergunakan sebagai armada taksi Express semuanya tipe E Manual.

“Kalau enggak salah yang tipe E dengan transmisi manual,” papar Anton.

TAM memasarkan Toyota Calya tipe E dalam dua varian yaitu New Calya 1.2 E STDT dibanderol Rp137,463 juta dan New Calya 1.2 E M/T seharga Rp140,263 juta.

Mobil yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini dibekali mesin berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Di atas kertas, mesin ini diklaim mampu mengeluarkan 86 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 11 kgm pada 4.200 rpm. Tenaga kemudian disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Previous post

Mitsubishi Xpander Cross Dibanderol Mulai Rp267 Jutaan, Apa Istimewanya?

Ulang tahun kedua TAC Manado, diwarnai dengan kontes modifikasi.

Next post

Ulang Tahun Kedua TAC Manado, Kontes Modifikasi Jadi Magnet

You Might Also Like