Optimalin Niat Sehatmu Pergi ke Gym dengan Melindungi Diri Dari 4 Tempat Terkotor di Tempat Ini


Menjalani gaya hidup sehat bisa dilakukan salah satunya dengan berolahraga. Bagi beberapa orang yang ingin melakukannya dengan peralatan yang memadai, biasanya menjadikan gym sebagai pilihan. Di sini, kita gak hanya akan diberi fasilitas olahraga yang beragam, tapi juga bisa meminta bantuan personal trainer agar jenis olahraga yang kita lakukan dapat lebih terarah dan mencapai hasil maksimal.

Tapi tahu gak, girls? Di balik statusnya sebagai tempat yang ‘sehat’, ternyata ada beberapa spot di tempat fitness yang jadi sarang bakteri, loh. Mau tahu dimana saja dan bagaimana cara melindungi diri saat harus berada di spot-spot tersebut? Simak penjelasannya di sini, yuk.

1. Peralatan Cardio

via Thinkstock.com

Kalau kamu termasuk orang yang ingin fokus pada kesehatan jantung, maka sepeda statis atau treadmill akan menjadi exercise gear yang rutin kamu pakai. Tapi kamu harus hati-hati, soalnya Clinical Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa peralatan ini adalah tempat yang paling banyak didiami bakteri di gym. Bakteri yang paling banyak ditemukan adalah Rhinovirus yang bisa menyebabkan flu, girls. Agar kamu terhindar dari paparan bakteri tersebut, pastikan untuk selalu mengelap alat-alat cardio yang akan kamu pakai, ya.

2. Alas Olahraga yang Disediakan Secara Umum

via Thinkstock.com

Bayangin aja deh, saat alat ini digunakan untuk berlatih, pasti akan ada kontak antara bagian tubuh si pengguna dengan alas tersebut. Hal ini tentu akan membuat bakteri yang berasal dari keringat maupun kulit si user, dengan mudah berpindah ke alas itu. So, sebisa mungkin bawa alas pribadi atau kalau terpaksa, kamu bisa menyemprotkan cairan hand sanitizer terlebih dulu ke alas yang mau kamu pakai.

Editor’s Pick:
  • Ternyata Makanan Berlemak Gak Bikin Berat Badan Naik, Lho. Cari Tahu 5 Faktanya Ini!
  • Terlalu Sering Selfie dalam Sehari, Hati-Hati dengan Gangguan Psikologis Ini
  • Badan Segar Bebas Pegal-pegal dengan 6 Gerakan Sederhana yang Bisa Dicoba di Rumah Ini
  • Merasa Bersalah Sehabis Makan Junk Food? Netralisir Akibat Buruknya dengan 8 Cara Ini!

3. Weight Machines

via Thinkstock.com

Kalau barbel dan alat berbeban lainnya jadi tools favorit kamu di gym, pastikan untuk mengelap dulu permukaan alat-alat tersebut sebelum digunakan, ya. Soalnya sama halnya dengan peralatan cardio, alat-alat penambah beban tersebut juga dihuni oleh banyak bakteri yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Kamu juga bisa meletakan handuk pada bagian pegangan alat-alat yang akan kamu gunakan.

4. Ruang Ganti

via Thinkstock.com

Selepas asik berolahraga, tentu kita ingin kembali ke rumah dengan pakaian yang bersih. Untuk itu, kita pun mengganti pakaian di locker room yang tersedia di tempat gym langganan kita. Ternyata, banyaknya keringat dan besarnya kontak langsung antara kulit dengan berbagai benda yang ada di ruangan ini, membuat tempat ini banyak ditinggali sama bakteri. Solusinya adalah jangan langsung mengganti pakaian tanpa mandi dan mengeringkan badan terlebih dulu. Pastikan juga untuk membawa alat-alat mandi pribadimu, ya.

Itu dia girls, tempat terkotor yang ada di area gym atau tempat fitness. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan alat-alat olahraga yang akan kamu pakai, agar terhindar dari serangan bakteri, ya. sumber : rimma.co

loading...
loading...