Pantai Ujung Gelam, Pantai Favorit di Karimunjawa

0
4
views

Pantai Ujung Gelam, Pantai Favorit di Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa, sebuah kumpulan pulau yang terletak berada di utara Kabupaten Jepara yang dibatasi oleh Laut Jawa. Pulau yang terkenal akan pesona laut, alias wisata baharinya. Jangan heran, jika ketika berkunjung ke kepuluan yang terpencil ini terdapat banyak sekali wisatawan asing. Mereka jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk mengunjungi pulau terpencil yang sangat indah ini.

loading...

Pada artikel sebelumnya sudah aku bahas mengenai hutan mangrove-nya, sekarang aku akan bahas mengenai wisata pantainya. Salah satu pantai yang terkenal dan direkomendasikan untuk dikunjungi jika datang ke Pulau Karimunjawa adalah Pantai Ujung Gelam, sebuah pantai yang terletak di sebelah barat Pulau Karimunjawa. Lokasinya tidak terlalu jauh dari alun-alun, yaitu sekitar 4-5 km.

Untuk menuju Pantai Ujung Gelam bisa menggunakan motor maupun mobil. Letaknya cukup jauh dari pinggir jalan raya dan perlu kejelian agar tidak kelewatan saat belokan menuju ke arah pantai sudah dekat. Memang, tidak ada seperti umbul-umbul yang besar atau gapura di pinggir jalan sebagai penanda ke arah pantai.

Perjalanan menuju Pantai Ujung Gelam memang terbilang tricky, karena di sepanjang jalanan akan ada penunjuk arah ke kanan jalan. Namun, jangan sampai terkecoh, untuk  menuju Pantai Ujung Gelam sendiri hanya perlu lurus saja mengikuti jalan sampai pada akhirnya akan menemukan parkiran. Letaknya benar-benar di ujung, sama seperti namanya.

Medannya sediri cukup unik, karena topografinya yang terkadang menurun, lalu kemudian menanjak sedikit. Pada sebagian jalannya sudah dibeton, namun sebagiannya lagi masih tanah. Sehingga perlu sedikit hati-hati jika bertemu dengan tanah, ditakutkan akan terjadi slip.

Begitu sampai di parkiran, tidak akan langsung terlihat pantainya, karena letaknya yang berada di bawah. Tiket yang dibayarkan cukup mencengangkan buatku, yaitu hanya Rp5.000 saja! Namun, jika dihitung dengan kapal penyebrangan, ya tetap terhitung mahal juga.

Setelah menuruni gundukan tangga yang terbuat dari tanah, langsung menginjakan kaki di hamparan pasir pantai yang sangat putih lembut dan melihat air laut yang begitu jernih. Pasirnya bukan main, ini adalah pasir pantai terlembut yang pernah aku injak selama di Jepara.

Suasana pantai lain yang bersebelahan dengan Pantai Ujung Gelam (pantai paling ujung).

Semakin berjalan ke arah utara atau kanan pantai, maka akan menemukan warung-warung berjajar panjang sekali, menyediakan menu yang tidak berbeda dari satu warung ke warung berikutnya. Sambil duduk manis di pantai, menyeruput mie instan atau minum kelapa muda, bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Harganya sendiri cukup masuk akal, yaitu kelapa muda Rp15.000, mie instan Rp10.000, es teh Rp5.000, dan tempe mendoan Rp2.000. Harga yang terbilang realistis di kawasan wisata internasional seperti ini.

Jangan hitung ada berapa banyak wisatawan asing yang ada di sana, mereka benar-benar berseliweran seperti jika kalian berkunjung ke Bali. Aku amati, beberapa dari mereka menggelar kain untuk duduk romantis memandangi laut bersama pasangan, membaca buku, berenang, dan berjemur.

Menikmati sunset sembari di atas ayunan yang bisa dinaiki siapa saja.

Terdapat ayunan jaring tergantung di pohon yang bisa digunakan bebas oleh siapa saja. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai juga merupakan spot yang estetik untuk berfoto-foto.

Ketika hari mulai semakin sore, matahari yang turun secara perlahan mulai menampakan keindahannya. Warna langit yang menjadi oranye dengan semburat awan menjadi salah satu andalan. Di sinilah mengapa Pantai Ujung Gelam menjadi salah satu pantai favorit, karena letaknya yang berada di sebelah barat Pulau Karimunjawa, sehingga kedapatan untuk melihat matahari tenggelam.

Indahnya langit yang keorenan saat sunset di Pantai Ujung Gelam.

Jika berjalan terus ke arah kanan sampai bertemu dengan bebatuan yang besar, itu adalah batas area Pantai Ujung Gelam dengan pantai yang ada di sebelahnya. Dari Pantai Ujung Gelam, bisa tembus hingga kurang kebih 3 pantai ke arah utara. Pantai-pantai lain yang berada di sebelah Pantai Ujung Gelam juga tidak kalah indah, berfasilitas dan diminati oleh turis domestik maupun mancanegara.

Pantai Ujung Gelam memang pantai yang wajib dikunjungi saat bertamasya ke Karimunjawa.

The post Pantai Ujung Gelam, Pantai Favorit di Karimunjawa appeared first on Travel Blog Indonesia.