Pohon Sengon Jadi Tersangka Penyebab Mati Listrik Jawa

Pohon Sengon Menjadi Tersangka Penyebab Mati Listrik Jawa
loading...

Aliran listrik di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat mengalami pemadaman pada Minggu (4/8) sejak pukul 11.45 WIB. PT PLN (Persero) menargetkan, penanganan insiden ini (5/8) selesai pada hari ini pukul 16.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta PLN dengan segala cara untuk melakukan recovery kelistrikan yang terganggu sejak kemarin. Pun PLN diminta agar kejadian saat ini tak lagi terulang di kemudian hari.

Tak ingin bertele-tele, Jokowi meminta jajaran pejabat PLN yang hadir untuk menjelaskan secara singkat penyebab matinya listrik yang berlangsung sejak Minggu (4/8) dan masih berlangsung di sejumlah daerah hingga Senin pagi.

Pagi ini saya ingin mendengar langsung. Tolong disampaikan yang simpel-simpel saja,” kata Jokowi.

Jokowi juga ingat bahwa kejadian mati listrik massal ini pernah terjadi beberapa kali pada tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap kejadian kali ini bisa menjadi pelajaran agar ke depannya tak ada mati listrik massal lagi.

Saya tahu peristiwa seperti ini pernah terjadi di tahun 2002 di Jawa dan Bali. Mestinya itu dijadikan pelajaran agar jangan sampai terjadi kembali,” pungkasnya.

Pohon Sengon Jadi Tersangka Penyebab Mati Listrik Jawa

Pohon Sengon Jadi Tersangka Penyebab Mati Listrik Jawa
Pohon Sengon Jadi Tersangka Penyebab Mati Listrik Jawa

Faktanya adalah terjadi di Ungaran (Jawa Tengah), itu SUTET 500 kilovolt (kV) itu ada berdekatan dengan pohon. Nah pohon ini mencapai ketinggian 9 meter. Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat itu ada kebakaran di sana namun tidak besar, kecil namun membuat jaringan rusak fatal,” jelasnya saat ditemui di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Senin (5/8).

Di media sosial, beredar foto dan informasi bahwa penyebab gangguan transmisi 500 kV Ungaran-Pemalang adalah sebuah pohon sengon. Diduga, transmisi tersangkut dahan-dahan pohon.

Disebutkan bahwa pohon sengon tersebut tidak boleh ditebang oleh pemiliknya dan menyenggol konduktor hingga menyebabkan ledakan. Pohon sengon saja bisa menyebabkan listrik padam seluruh pulau jawa. Masuk akal gak jang?

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *