Sebelum Kamu Kebingungan di Dalam Toilet Jepang

0
3
views

Sebelum Kamu Kebingungan di Dalam Toilet Jepang

Toilet merupakan kebutuhan mutlak seluruh umat manusia, tidak ada manusia yang tidak membutuhkan toilet. Kloset yang kita kenal biasanya adalah kloset jongkok dan kloset duduk. Kedua jenis kloset ini umum digunakan di berbagai negara, termasuk di Negara Matahari Terbit Jepang. Hanya saja, meski memiliki bentuk yang sama, kloset duduk di Jepang memiliki fitur yang jauh berbeda dengan kloset duduk yang kita kenal di Indonesia.

loading...

Kloset duduk modern di Jepang biasa disebut washlet (ウォシュレット). Kloset jenis ini merupakan kloset dengan berbagai fitur “aneh” yang tidak kita temukan di kloset umumnya. Washlet bisa kamu temukan di berbagai toilet umum seperti di supermarket, minimarket, rest area di jalan tol, restoran, hingga di hotel tempatmu menginap. Bagi turis yang pertama kali datang ke Jepang dan belum pernah “belajar” mengenai washlet, biasanya mereka menghabiskan waktu yang lama di dalamnya. Bahkan untuk sekedar mencari tombol flush!

Aneh tapi nyata, berikut adalah keunikan washlet di Jepang yang akan kamu temukan:

Sistem Buka-Tutup Otomatis.

Beberapa washlet memiliki fitur unik untuk “menyambutmu” di toilet. Jangan kaget jika kamu membuka pintu toilet, washlet akan membuka secara otomatis. Jika kamu sudah selesai dan meninggalkan toilet, washlet akan menutup dengan sendirinya. Keren ya?

Dilengkapi Shower dan Bidet Yang Bisa Kamu Atur Sendiri.
Kalau ini sih kloset di Jepang pada zaman Edo.

Kabar baik untuk kamu yang anti cebok tanpa air (termasuk Saya). Meski toilet di Jepang tergolong toilet berlantai kering dan kita harus menggunakan selop, washlet masih menggunakan air untuk membasuh area personalmu. Alih-alih menggunakan sprayer manual yang biasa kita gunakan di kloset duduk, washlet sudah dilengkapi dengan shower dan bidet.

Shower (おしり) adalah salah satu fitur washlet yang berfungsi menyemprotkan air untuk membersihkan bagian bawah tubuhmu setelah buang air besar, sedangkan bidet (ビデ) berfungsi untuk membilas setelah buang air kecil. Uniknya, kamu bisa mengatur sendiri kedua fitur ini di washlet. Mulai dari jenis semprotan, kekuatan tekanan dan volume air saat menyemprot, hingga suhu airnya. Yup, dengan washlet kamu bisa membilas bagian bawah tubuhmu dengan air hangat!

Mampu “Bersuara”.

Bayangkan jika kamu sedang jalan-jalan di dalam mall di Jepang, tiba-tiba kamu sakit perut atau masuk angin dan harus segera ke toilet. Dalam kondisi seperti itu tentunya kamu yakin kalau kamu akan “berisik” ketika sedang buang air, padahal toilet yang kamu masuki sedang ramai-ramainya. Biasanya, orang akan merasa malu. Apa kamu juga?

Uniknya, jika kamu menggunakan washlet, kamu bisa membuat washletnya mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkan biasanya seperti suara air mengalir dan terdengar cukup keras untuk menutup suaramu saat sedang buang air. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu malu untuk menggunakan toilet umum meski akan buang air dengan suara yang berisik!

Tempat Duduk yang Bisa Menghangat.

It’s real, dude! Beberapa tipe washlet bisa menghangatkan tempat duduknya secara otomatis ketika kamu sudah duduk di atasnya. Meski terdengar lucu dan sepele, fitur ini terasa sangat bermanfaat terutama jika kamu mengunjungi Jepang ketika musim dingin. Urusan toilet pun bisa dilakukan dengan nyaman. Asal jangan sampai membuatmu ketiduran ya!

Metode Flush yang Berbeda-beda.
Salah satu washlet di Jepang.

Kloset yang biasa kita gunakan biasanya memiliki flush yang terletak di atas tangki air (berbentuk tombol) atau di sisi kanan kloset (berbentuk tuas). Tidak berbeda dengan beberapa washlet di Jepang yang juga memiliki flush berupa tuas di sisi kanan kloset (putar ke atas untuk air mengalir pelan atau ke bawah untuk air mengalir deras).

Namun pada beberapa washlet yang lebih canggih, tombol untuk flush bahkan tidak terletak pada washletnya. Inilah yang seringkali membuat bingung turis asing. Tombol flush biasanya terletak di dinding toilet, baik berupa tombol atau berupa sensor yang cukup disentuh/ditutup dengan tangan. Ada pula washlet yang flush dengan sendirinya ketika kamu sudah berdiri!

Berbagai kecanggihan toilet di Jepang memang seringkali membuat bingung turis asing. Namun jangan khawatir, meski di washlet terdapat banyak tombol, tapi kebanyakan sudah dilengkapi dengan instruksi berbahasa Inggris. Kalau masih bingung, kamu masih bisa menggunakannya dengan memakai sedikit imajinasi kok!

The post Sebelum Kamu Kebingungan di Dalam Toilet Jepang appeared first on Travel Blog Indonesia.