Sedikit yang tahu di Baleendah dan Ciparay Ada Sentra Peuyeum, Usaha Turun-temurun di Desa Ciheulang

4 months ago ujang Comments Off on Sedikit yang tahu di Baleendah dan Ciparay Ada Sentra Peuyeum, Usaha Turun-temurun di Desa Ciheulang

Berita : Sedikit yang tahu di Baleendah dan Ciparay Ada Sentra Peuyeum, Usaha Turun-temurun di Desa Ciheulang.

loading dulu...

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Tak banyak yang tahu di Baleendah dan Ciparay terdapat sentra tapai atau peuyeum.

Biasanya, orang-orang mengetahui oleh-oleh khas Bandung ini diproduksi di Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Para perajin peuyeum itu berada di Desa Ciheulang, Ciparay, yang berbatasan dengan Desa Cikawung, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Di Kedua desa tersebut, banyak warga yang sejak lama sudah membuat peuyeum.

“Saya sudah 20 tahun jadi pembuat peuyeum dan sekaligus menjualnya,” kata Maman Kosim (60) di rumahnya di Kampung Leuwibiru, Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (16/4).

Menurut Maman, warga di desanya menjadi perajin peuyeum karena turun-temurun. Maman mengaku belajar dari ayahnya dan langsung mempraktikkannya.

Uden Wahyudin (27) memperlihatkan peuyeum yang sudah diragi di rumahnya, Kampung Leuwibiru, Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kamis (16/4/2020).
Uden Wahyudin (27) memperlihatkan peuyeum yang sudah diragi di rumahnya, Kampung Leuwibiru, Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kamis (16/4/2020). (Tribun Jabar/Januar Pribadi Hamel)

• Bek Persib Bandung Langgar Harapan Keluarga, Victor Iqbonefo: Sekarang Mereka Bangga

• Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Sukabumi Juga Rusak Empat Rumah

Keahlian Maman membuat peuyeum sudah pula diturunkan kepada putranya Uden Wahyudin (27). Mereka berdua, kini, bahu-membahu membuat peuyeum kemudian menjualnya.

Perajin peuyeum lainnya, Lala (70), warga Kampung Cigugur, Desa Ciheulang, Kabupaten Ciparay, pun sudah lama memproduksi peuyeum di rumahnya. Dia mengaku menekuni pekerjaan ini sejak 1971.

Lala mengaku belajar sendiri dan langsung praktik untuk membuat peuyeum. Awalnya, dia coba-coba membuat sedikit makanan tersebut. Setelah berhasil, ia baru berani membuat banyak.

“Sebelum membuat sendiri, saya jualan di Pajagalan (Kota Bandung), sebelum pindah ke sini (Desa Ciheulang, Kabupaten Bandung). Saya baru membikin peuyeum sendiri pada 1971,” kata Lala di rumahnya, Kamis (16/4/2020).

loading...