Serunya Traveling ke Sungai Meninting, Lombok

loading...

Serunya Traveling ke Sungai Meninting, Lombok

Saya selalu membayangkan betapa indahnya jika Kota Mataram mempunyai sungai yang bersih dan asri. Sayangnya, menurut data dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, hampir empat sungai besar yang melewati kota Mataram sudah tercemar bakteri e-coli. Betapa hal tersebut merugikan masyarakat.

Pada dasarnya, Travelovers, sungai merupakan anugrah dari Sang Ilahi karena banyak yang bisa dimanfaatkan dari air yang mengalir di sungai. Bisa dipakai mandi, cuci baju, dan bercocok tanam. Bisa juga membuat keramba ikan dan lainnya.

Salah satu sungai yang masih sangat asri di pulau Lombok ialah Sungai Meninting. Hari Sabtu lalu, dua kawan saya, Satria Efendi dan Maya Oktariva, mengajak mandi di salah satu sungai nan asri di Lombok ini. Hari itu, terik sinar matahari di Kota Mataram sangat panas. Hampir semua warga Kota Mataram merasakan teriknya panas matahari siang dengan suhu yang mencapai 34-37 derajat Celcius. Rasanya seperti terbakar!

Aliran Sungai Meninting.

Kami pun akhirnya memutuskan untuk pergi mandi ke Sungai Meninting yang masih sangat bersih dan jernih. Sungai Meninting berada di tengah hutan Dusun Murpadang, Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. Sungai Meninting memiliki keunikan  tersendiri. Selain kondisi air yang bersih tanpa sampah di setiap bantaran sungainya, sungai ini juga memiliki bebatuan yang khas dari sungai-sungai lain di Mataram. Hamparan bebatuan besar tersebut berhasil membuat suasana di sekitar Sungai Meninting tampak indah dan segar.

Berada di Kabupaten Lombok Barat di ujung utara Kota Mataram, Sungai Meninting tidaklah sulit untuk diakses. Jarak antara Kota Mataram dengan Kecamatan Gunung Sari hanya berjarak 10 menit saja atau sekitar 3 km. Kota Mataram dan Kecamatan Gunung Sari merupakan batas wilayah antara Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Hehehe cukup dekat kan, Travelovers?

Melewati Pegunungan

Lanjut pada cerita tentang perjalanan kami bertiga. Saya bersama Maya Oktariva dan Satria Efendi berangkat menggunakan sepeda motor. Saat itu, motor kami sangat susah dikendalikan menuju Sungai Meninting, Travelovers. Bagaimana tidak, jalan yang terjal dan nanjak dengan kemiringan hampir 70 derajat membuat kami kewalahan mengendarai sepeda motor. Perlu diingat ya, menuju Sungai Meninting memang tidak bisa menggunakan roda empat karena jalanan yang dibuat dari beton cenderung sempit. Kami pun yang menggunakan sepeda motor harus ekstra hati-hati saat melewati jalan menuju Sungai Meninting.

Pegunungan Di Kecamatan Gunung Sari.

Dari Kota Mataram, menuju Sungai Meninting bisa melalui daerah Gunung Sari. Travelovers bisa tanya-tanya ke warga sekitar untuk tahu jalan ke Desa Bukit Tinggi atau Dusun Murpadang, tempat sungai itu berada. Dari Kecamatan Gunung Sari ke lokasi sungai memang jauh karena Dusun Murpadang terletak di atas pegunungan di Kecamatan Gunung Sari bagian utara. Ngomong-ngomong, di Desa Bukit Tinggi terdapat banyak pohon aren yang ditanam warga warga. Desa Bukit Tinggi sendiri merupakan desa yang masih memproduksi air aren. Orang Lombok sering menyebutnya aiq tuak.

Lanjut ke perjalanan kami. Sesampai di Desa Bukit Tinggi, kami diarahkan menuju Sungai Meninting oleh salah satu warga Dusun Murpadang. Kami langsung turun melalui jalan bebatuan yang lumayan terjal. Di perjalanan, jangan lupa untuk ekstra hati-hati ya Travelovers!

Setelah melewati hutan dan jalan yang terjal, kami sudah dapat melihat aliran Sungai Meninting. Konon katanya, Sungai Meninting ini akan ditampung menjadi bendungan terbesar di Pulau Lombok. Pasalnya, walau musim kemarau melanda Pulau Lombok berkepanjangan, Sungai Meninting tidak pernah mengering. Air Sungai Meninting langsung dari Gunung Punikan Lombok yang masih lebat dengan pepohonan.

Berpose di atas aliran Sungai Meninting.

Sesampai di Sungai Meninting, kami bertiga langsung berfoto di atas bebatuan. Seru rasanya, Travelovers! Perjalanan kami melewati rindangnya pepohonan membuat terik mentari di Kota Mataram seketika berubah menjadi sejuk. Hehehe. Untuk Travelovers yang hendak menuju Sungai Meninting, disarankan menggunakan sepeda motor yang kuat menaiki tanjakan terjal. Tentunya, disarankan juga tidak menggunakan motor matic.

Kami bertiga pun langsung mandi dan menikmati kejernihan air Sungai Meninting. Saya langsung bertanya di dalam benak pikiran saya: kapan Indonesia memiliki kota yang dialiri sungai bersih layak Sungai Meninting ini? 

The post Serunya Traveling ke Sungai Meninting, Lombok appeared first on Travel Blog Indonesia.


You Might Also Like