Siap-Siap, Mazda Akan Ungkap Prototipe Mobil Listrik Bulan Depan

0
4
views

Siap-Siap, Mazda Akan Ungkap Prototipe Mobil Listrik Bulan Depan.

Home » Berita » Siap-Siap, Mazda Akan Ungkap Prototipe Mobil Listrik Bulan Depan

Prototipe mobil listrik Mazda (Foto: Autoblog)
loading...

Tokyo – Sejumlah produsen mobil asal Jepang telah bersiap untuk menghadapi era kendaraan listrik. Bahkan beberapa di antaranya sudah sejak lama mengembangkan mobil listrik dan menjualnya ke konsumen di berbagai negara.

Tak mau kalah dari produsen mobil lain, Mazda secara perlahan-lahan mulai ‘melirik’ mobil listrik. Sebagai langkah awal, Mazda berencana memperkenalkan prototipe mobil listrik untuk pertama kalinya di Tokyo Motor Show 2019 yang akan berlangsung bulan depan di Tokyo, Jepang.

Juru bicara perusahaan, Yoshikazu Nagai mengatakan beberapa prototipe mobil listrik akan dibawa ke pameran otomotif terbesar di Jepang itu. Tidak hanya sekedar memamerkan saja, Mazda juga menyiapkan unit yang bisa dirasakan langsung oleh pengunjung. Menariknya, prototipe mobil listrik Mazda menggunakan basis CX-30.

Nagai menegaskan bahwa kendaraan itu akan menjadi “model baru”. Dilaporkan Carcoops, prototipe mobil listrik Mazda yang tampil di Tokyo Motor Show akan dibekali baterai 35,5 kWh dan motor listrik tunggal yang diklaim mampu megeluarkan 142 hp dan torsi puncak 264 Nm.

Mengacu dari daya baterai yang dibenamkan, kemungkinan mobil ini bisa melaju sejauh 161 kilometer (km) atau 241 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Sementara itu Auto News melaporkan bahwa mobil listrik Mazda akan dijual dengan kedok full electric. Diawal Mazda akan memasarkan mobil listriknya di Jepang, Eropa dan Cina. Setelah itu akan melebar ke negara lain seperti Amerika.

Semua pekerjaan teknik yang berhubungan dengan mobil lisrik Mazda tengah dikerjakan saat ini. Menurut rumor yang beredar, Mazda akan mulai menjual mobil ramah lingkungan itu tahun depan.

Mazda Indonesia Masih Tunggu Keputusan dari Prinsipal di Jepang

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mazda di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan memasukkan mobil listrik ke Indonesia. Hal ini terlihat ketika Mazda Indonesia menjadi peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Juli lalu. Ini wajar saja mengingat Mazda masih berkutat di teknologi SkyActiv.

Prototipe mobil listrik Mazda (Foto: Autoblog)

“Mazda saat ini masih fokus di mesin konvensional karena mereka masih mengembangkan SkyActiv-nya sendiri. Mungkin 5 tahun kedepan akan muncul mobil hybrid atau elektrik,” ungkap Roy Arman Arfandi, Presiden Direktur PT EMI, di booth Mazda saat GIIAS 2019.

Jika nantinya Indonesia mendapat kesempatan untuk memasarkan mobil listrik Mazda, Roy mengaku tidak tahu modelnya apa.

“Nanti ada waktunya buat kami untuk masukan (mobil listrik) juga. kapan? saya belum bisa beberkan karena masih harus menunggu dari prinsipal di Jepang,” pungkas Roy.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post

Bukan Cuma di Indonesia, Mitsubishi Xpander Juga Bakal Diproduksi di Vietnam

Next post

Produsen Diperbolehkan Ciptakan Bermacam-Macam Suara untuk Mobil Listrik