SIMPEL, Makassar Terapkan Sistem Bayar Tilang Online

0
2
views

SIMPEL, Makassar Terapkan Sistem Bayar Tilang Online.

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Seiring kemajuan teknologi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Makassar akan menerapkan sistem pembayaran tilang secara online dengan menggunakan aplikasi yang disebut SIMPEL.

loading...

Sistem Mekanisme Pembayaran Elektronik Tilang (SIMPEL) rencananya akan resmi launching pada peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Selatan yang ke-350.

Kepala Kejari Makassar, Dicky Rachmat Rahardjo mengungkapkan, salah satu yang mendasari inovasi sistem pembayaran online ini sebagai upaya dalam efesiensi penanganan kepadatan para pengguna kendaraan yang terkena sanksi tilang.

“Dari keprihatinan kami terhadap pelayanan masyarakat pembayaran mengenai tilang. Karena kecenderungan tilang ini meningkat beberapa bulan terakhir. Itulah imbasnya ke kami sebagai eksekutor kepada para pelanggar tilang,” ungkap Dicky ke media di kantor Kejari Makassar, Rabu (9/10/2019).

Tak hanya itu, Dicky melihat fasilitas yang kurang memadai di kantor kejaksaan seperti ruangan, halaman, dan parkiran yang sempit membuat masyarakat kurang nyaman.

“Kita mencari solusiya, sehingga kita merencanakan bekerja sama dengan Grab dan OVO membayar tilang. Ini salah satu cara untuk mencari kemudahan di dalam melakukan pembayaran denda tilang. Jadi masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan ke kantor kejaksaan, tidak perlu lagi lama antre, hanya menunggu di rumah saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dicky menyebutkan bahwa aplikasi SIMPLE sudah dilengkapi dengan daftar aturan yang dilanggar serta nominal yang pembayarannya.

“Dengan menggunakan sistem online SIMPEL ini, maka tidak ada lagi melalui pengadilan jika hendak melakukan pembayaran. Karena sudah ada yang tercantum di menu aplikasinya,” imbuhnya.

Kata Dicky, untuk denda tilang tetap sama, sebab langsung masuk ke kas negara. Hanya ada tambahan biaya jasa pengiriman saja.

“Untuk mengefesienkan waktu, kita punya loket khusus untuk grab dan parkiran khusus. Lalu untuk pelayanan Grab itu hanya senin sampai kamis,” tuturnya.

Soft Launcing Grab (SIMPLE) di Kantor Kejari Makassar, Rabu, (9/10/2019). (Foto : Resti Setiawati)

Sementara itu, penggunaan Aplikasi SIMPEL dengan metode pembayaran online, Kejari bekerja sama dengan Grab dan OVO dengan melakukan penandatangan perjanjian yang dilakukan pada saat Soft Launching “Grab SIMPEL” bersama Grab dan OVO.

(Resti Setiawati)

The post SIMPEL, Makassar Terapkan Sistem Bayar Tilang Online appeared first on Inipasti.com.