Tips Modifikasi Warna Velg Sepeda Motor, Sesuaikan Jenisnya!

0
2
views

Tips Modifikasi Warna Velg Sepeda Motor, Sesuaikan Jenisnya!.

Home » Modifikasi » Tips Modifikasi Warna Velg Sepeda Motor, Sesuaikan Jenisnya!

Pilihan modifikasi warna velg motor.
loading...

Jakarta – Melakukan modifikasi menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih para pengguna sepeda motor. Para pemilik sepeda motor ini biasanya melakukan modifikasi pada motor kesayangannya. Bagian velg menjadi komponen yang cukup sering diganti oleh para pemilik kendaraan.

Velg dianggap sebagai salah satu komponen yang mampu mendongkrak tampilan kendaraan. Tampilan velg standar dianggap kurang keren dan oke, maka dari itu banyak yang mengganti dengan merek aftermarket. Nah, sayangnya masih banyak orang juga nih yang belum bisa menentukan warna velg. Tapi tenang, masih ada cara mudah untuk menentukan warna velg, kok.

Sepeda motor di Indonesia terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari skuter matik (skutik), sport, naked bike, maxi skuter, adventure, classic, dan sepeda motor bebek. Setiap varian dari sepeda motor ini tentunya punya gaya tersendiri dalam melakukan modifikasi. Makanya, enggak selalu cocok dengan velg yang akan dipasangkan. Yang pertama-tama, rasanya kita akan membahas sepeda motor bebek dulu ya. Mengingat sepeda motor ini punya sejarah yang cukup panjang di Indonesia.

Velg Sepeda Motor Bebek

Kalau bicara sejarahnya, memang cukup panjang untuk menarik benang merah dari sepeda motor bebek. Yang jelas, sepeda motor bebek sudah ada cukup lama di Indonesia. Salah satu motor bebek yang cukup legendaris adalah Honda C70, yang pertama kali diproduksi tahun 1970-an. Setelah itu, muncul banyak merek dan varian di Indonesia. Mulai dari Yamaha Alfa, Suzuki Tornado, Honda Supra, dan lain sebagainya.

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Pada tahun 2019 ini, sepeda motor bebek ternyata masih dijual oleh beberapa produsen sepeda motor. Honda contohnya, yang masih menjual Honda Revo X, dan Supra X 125Fi. Yamaha juga masih punya Vega Force dan Jupiter Z1. Suzuki juga masih menjual New Smash Fi di dalam line up-nya. Velg bawaan sepeda motor bebek dianggap jelek, dan kurang greget. Velg-nya memakai model jari-jari tampilan standar atau velg racing yang desainnya terlihat ‘culun’.

Biasanya, para pengguna sepeda motor bebek ini kerap mengganti velg dengan peranti aftermarket. Velg aftermarket yang dipakai biasanya memakai ukuran yang lebih lebar dibanding standarnya. Lalu, kira-kira warna apa saja yang sering dipilih? Warna velg yang cocok untuk sepeda motor bebek terdiri dari beberapa warna. Kamu bisa memilih warna gold, hitam, silver atau putih. Jika memakai velg model racing, pilihlah desain yang tidak terlihat norak dan kaku.

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Misalnya dengan model palang 3, palang 5 atau model bintang. Kalau ingin memakai model jari-jari, biasanya menggunakan ukuran yang lebih lebar dan diameter yang lebih kecil agar terlihat memiliki ban yang lebih lebar.

Velg Sepeda Motor Matik

Sepuluh tahun belakangan ini, sepeda motor matik menjadi primadona penjualan di Indonesia. Alasannya cuma satu, jalanan makin macet! Makanya banyak orang yang membeli motor matik untuk dijadikan kendaraan utama, terutama di kota besar. Sepeda motor matik ini biasanya sudah diberikan model velg racing dari bawaan pabrik. Namun sayang, warna yang diberikan hanya itu-itu saja. Biasanya warna hitam atau bronze.

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Tapi… kedua warna itu dianggap sebagai warna yang membosankan bagi sebagian orang. Warna velg yang cocok untuk skuter matik sebenarnya bisa memakai warna apa saja. Jika berani bermain dan memilih warna, kalian bisa memilih beberapa warna yang cukup mencolok. Untuk bermain di tema elegan, kamu bisa memilih warna putih. Karena warna ini akan memberikan kesan elegan dan mewah. Beberapa warna seperti merah, kuning, gold (emas), kuning, dan oranye juga dipilih.

Motor matik dengan warna velg yang mencolok akan cukup menarik perhatian, dan tentunya akan berbeda dengan lain.

Velg Sepeda Motor Sport

Hampir sama dengan motor matik, motor sport belakangan ini juga menjadi motor yang disukai, terutama buat anak muda. Motor sport biasanya ditandai dengan tangki yang dijepit di antara paha dan memakai fairing. Motor sport ini lebih berdesain layaknya motor balap yang ada di kompetisi. Untuk melakukan modifikasi velg motor sport ini juga cukup mudah. Banyak merek aftermarket yang sudah menyediakan desain velg yang keren.

Pilihan modifikasi warna velg motor. Photo: RoNita Digital printing

Nah, untuk pemilihan warnanya sendiri, akan lebih baik jika menyesuaikan dengan warna bodi. Warna motor sport di Indonesia terdiri dari beberapa warna. Mulai dari biru, merah, putih, hitam, silver dan oranye. Kalau kalian bingung menentukan warna velg-nya, kalian bisa menyesuaikan dengan bodi motor atau tema modifikasi yang diusung. Biasanya, motor sport akan lebih terlihat keren dengan warna yang cerah.

Pemilihan warna seperti oranye, hijau stabilo, kuning stabilo, abu-abu, putih, merah, emas, dan bronze akan semakin membuat tampilan motor sport semakin keren. Tapi ingat, warna velg ini akan lebih cepat terlihat kotor dibanding warna gelap. Makanya, kalian juga harus lebih rajin lagi dalam membersihkan motor kesayangan, ya.

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Velg Sepeda Motor Trail

Untuk sepeda motor yang satu ini, jumlahnya tak sebanyak motor yang lain. Walaupun masih dianggap sebagai motor hobi, tapi tetap saja penggunanya cukup banyak. Peranti aftermarketnya pun juga sangat banyak. Ada dua aliran modifikasi yang paling banyak diusung untuk motor trail. Yang pertama adalah tema adventure dan super moto. Untuk tema adventure, biasanya memakai velg depan yang diameternya tinggi.

Biasanya di depan memakai ukuran 19 inci dan belakang 17 inci. Lebar yang digunakan pun memakai ukuran standar pabrik, agar traksi yang didapat lebih maksimal. Lain halnya dengan aliran super moto. Aliran super moto merupakan aliran yang biasa menggunakan motor trail untuk di lintasan aspal atau licin. Tampilan super moto biasanya memakai velg dengan ukuran yang lebih lebar dibanding standarnya. Diameter yang biasa dipakai memakai ukuran 17 inci.

velg yang digunakan untuk aliran supermoto sedikit berbeda

Untuk pilihan warna velg yang cocok dengan aliran ini, biasanya memakai warna-warna gelap. Warna-warna gelap akan memberikan kesan garang, tangguh dan juga keren. Selain mengganti velg dengan merek aftermarket, kalian juga masih bisa melakukan pengecatan velg. Velg bawaan standar ini masih bisa diganti dengan warna yang sesuai dengan selera kalian. Cat yang digunakan bisa memakai cat berbahan karet atau cat permanen.

Untuk cat berbahan karet, lapisan cat ini pada saat mengering akan menjadi seperti karet. Jika bosan, kalian masih bisa mengupas lapisan karetnya tanpa harus merusak cat asli dari velg. Namun berbeda dengan pengecatan dengan cat permanen. Warna yang aslinya harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan dengan warna baru. Nah, kalian tinggal pilih: apakah mau mengganti warna velg atau membeli velg baru dengan warna dan desain yang sesuai selera?

velg yang digunakan untuk aliran supermoto sedikit berbeda

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Previous post

4 Hal yang Harus Dieksplorasi Ketika Berkendara Mobil Hybrid Toyota
Next post

This is the most recent story.