VIDEO-Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kampung Ipis Kota Sukabumi Jadi Tontonan Warga

1 week ago ujang Comments Off on VIDEO-Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kampung Ipis Kota Sukabumi Jadi Tontonan Warga

Berita : VIDEO-Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kampung Ipis Kota Sukabumi Jadi Tontonan Warga.

loading dulu...

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Seekor ular sanca berukuran panjang tiga meter di Kampung Pasir Ipis RT01/12, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Ular yang memiliki nama ilmiah Phytonidae reticulatus tersebut dievakuasi sejumlah petugas BPBD karena membahayakan warga sekitar.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi Imran Wardani mengatakan, evakuasi ular tersebut berawal dari adanya laporan warga sekitar yang merasa khawatir dengan beradaan hewan liar tersebut.

[embedded content]

“Setelah menerima laporan tersebut, kami langsung menurunkan sejumlah petugas ke lokasi untuk segera mengevakusi seekor ular yang dianggap membahayakan warga sekitar,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (10/1/2021).

Setelah hampir selama satu jam, kata dia, petugas berhasil mengevakusi ular sanca tersebut yang bersembunyi di sebuah pipa saluran air dan langsung diamankan.

[embedded content]

“Ular yang memiliki panjang sekitar 3 meter tersebut langsung dibawa untuk diamankan di Kantor BPBD untuk dilakukan observasi terlebih dulu,” ucapnya.

Petugas BPBD saat mengevakuasi ular sanca di Kampung Paisir Ipis, Keluarahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.
Petugas BPBD saat mengevakuasi ular sanca di Kampung Paisir Ipis, Keluarahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. (Istimewa)

Ia menjelaskan, nantinya setelah selesai dilakukan observsi, ular sanca tersebut akan dilepaskan kembali ke habitat asli yang jauh dari permukiman warga agar tidak membahayakan.

“Peranan warga sangatlah penting dalam membantu tugas kami. Oleh karena itu kami berharap warga bisa segera melapor apabila ada ular yang dianggap membahayakan. Selain itu, kami meminta saat terjadi bencana pun langsung melapor ke petugas,” kata Imran. (*) 

[embedded content]
Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Dikhawatirkan Menyerang Warga, Ular Sanca Dievakuasi Petugas BPBD Kota Sukabumi, https://jabar.tribunnews.com/2021/01/10/dikhawatirkan-menyerang-warga-ular-sanca-dievakuasi-petugas-bpbd-kota-sukabumi.
Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Hermawan Aksan
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud

loading...